Mengenal Cirebon

16.43 by


Siapa yang tak kenal Cirebon? Wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat ini termasuk bekas kerajaan Islam yang pertama di wilayah pesisir utara pulau Jawa, dan masih eksis sampai sekarang, meski tidak punya kekuasaan politik lagi. Cirebon sekarang terpisah menjadi dua, yaitu Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon.
Secara harfiah Cirebon berasal dari kata Cai dan Rebon. Cai sendiri merupakan bahasa Sunda yang berarti air, sedangkan Rebon artinya udang kecil-kecil yang biasanya banyak didapat di badan-badan sungai. Dahulu sangat mudah mendapatkan udang/rebon di sungai-sungai sepanjang kota ini, itu sebabnya kota kecil ini diberi nama Cirebon.
Cirebon memiliki banyak sekali julukan seperti kota udang, kota kuliner dan kota wali. Selain itu kota Cirebon disebut juga sebagai Caruban Nagari (penanda gunung Ciremai) dan Grage (Negeri Gede dalam bahasa Jawa Cirebon berarti kerajaan yang luas). Nama Cirebon berasal dari kata Caruban, dalam Bahasa sunda yang berarti campuran (karena budaya Cirebon merupakan campuran dari budaya Sunda, Jawa, Tionghoa, dan unsur-unsur budaya Arab). Secara geografis, Cirebon memang terletak dekat dengan laut. Konon ceritanya, dahulu kala Cirebon merupakan salah satu kota pelabuhan penting yang berada di pulau Jawa. Kota ini dijuluki kota udang karena memang sejak dulunya komoditas perikanan seperti udang banyak dibudidayakan. Dari ukuran udang yang kecil-kecil (rebon/udang halus) hingga udang yang besar-besar (udang galah, udang windu) yang merupakan komoditas yang biasanya dieksport ke luar negeri banyak dijumpai dikota ini. Cirebon juga terkenal dengan kekayaan warisan budayanya, salah satunya yaitu makam salah seorang tokoh wali songo yang merupakan penyebar agama islam di pulau jawa. Siapa lagi kalau bukan sunan Gunung Jati. Situs budaya berupa makam sunan Gunung Jati beserta peninggalannya selalu ramai dikunjungi berbagai wisatawan dari seantero negeri.
Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Cirebon : 
2. Keraton Kanoman
3. Masjid Agung Sang Ciptarasa
4. Makam Sunan Gunung Jati
8. Pantai Kejawanan
10. Kampung Batik Trusmi dan lain-lain.
Selain itu, Cirebon juga dikenal sebagai Kota Kuliner. Banyak makanan khas Cirebon yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke kota ini, diantaranya adalah :
3. Empal Asem
4. Nasi Lengko
5. Docang
7. Bubur Sop
8. Sate Kalong
9. Mie Koclok
10. Kerupuk Melarat dan lain-lain
Jika Anda berkunjung ke kota ini, kami siap melayani perjalanan wisata. Jangan ragu untuk menghubungi kamiCall : 081226677805 atau SMS / WA : 08966611154



0 komentar:

Posting Komentar