Curug Ciputri, Unik dan Kental dengan Cerita Legenda

09.37 by

Curug Ciputri merupakan sebuah objek wisata yang ada di daerah Kuningan, wisata Curug Ciputri memang memiliki daya tarik tersendiri, anda bisa melihatnya dari bentuknya yang unik dan kental dengan cerita legenda atau sejarahnya sehingga tidak heran jika objek wisata yang ada di lokasi Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan ini banyak dikunjungi wisatawan.
Curug yang memiliki tinggi sekitar 8 meter tersebut memiliki bentuk menyerupai sosok pengantin yang sedang memakai gaun putih, itu akan terlihat jika anda melihatnya dengan lebih teliti, karena itulah curug tersebut dinamakan Curug Ciputri. Selain itu air Curug Ciputri juga dipercaya memiliki khasiat mampu mempermudah jodoh, mengandung khasiat obat khususnya rematik dan penyakit tulang. Ada juga yang percaya bahwa Curug Ciputri ini memiliki sumber mata air dari gunung Ciremai yang mampu mengobati 1.001 macam penyakit.

Curug Ciputri Kuningan

Masyarakat juga percaya bahwa Curug Ciputri merupakan tempat dimana pemandian putri dari kahyangan dan tempat dimana para bidadari turun ke bumi. Ketika hujan gerimis datang dan matahari bersinar, dari Curug Ciputri akan terlihat pelangi yang diyakini merupakan jembatan para bidadari yang cantik turun dari kahyangan ke bumi. Tidak heran jika banyak orang yang suka datang ke Curug Ciputri untuk berendam di air tersebut, dan menceburkan diri disana karena ingin legenda tersebut.
Untuk akses ke objek wisata Curug Ciputri tersebut relatif mudah karena jalan menuju lokasi sudah di aspal, meskipun memang tidak terlalu lebar. Setidaknya akses jalannya tidak terlalu sulit, baik untuk roda dua atau roda empat. Letaknya juga hanya beberapa puluh meter dari pos penjagaan Taman Nasional Gunung Ciremai dan untuk masuk ke taman nasional tersebut anda hanya butuh karcis kurang lebih Rp. 10.000 saja.
Untuk komunikasinya juga sangat mudah karena sinyal telepon cukup kuat disana. Jadi bagi anda yang ingin berlibur ke Curug Ciputri bisa mengambil waktu akhir pekan anda kesana, sambil pergi ke Taman Nasional Gunung Ciremai, apalagi sebelum sampai di Curug Ciputri, anda juga akan disajikan pemandangan indah pohon karet yang berjejer di sekitar lokasi yang dinamakan Palutungan. Disitu biasanya banyak orang yang berkemah, pendaki atau kegiatan pramuka.

Pohon Karet Palutungan

0 komentar:

Posting Komentar