Wisata Religi di Makam Sunan Gunung Jati Cirebon

16.50 by

Makam Sunan Gunung Jati, Salah Satu Walisongo Penyebar Islam di Jawa Barat

Kalian tahu? Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang lumayan terkenal, berkat adanya makam Syarif Hidayatullah, atau lebih dikenal dengan sebutan Sunan Gunung Jati. Wukir Sapta Rengga adalah sebutan untuk tempat peristirahatan Sunan Gunung Jati dan keluarganya,  makam ini ini memiliki Sembilan tingkat, dan kalian harus tahu nih, kalo Sunan Gunung Jati dimakamkan pada tingkat yang kesembilan, sedangkan tingkat-tingkat dibawahnya adalah makam keluarga dan keturunan dari Sunan Gunung Jati, Baik keturunan yang dari Keraton Kasepuhan maupun Kanoman. Makam Sunan Gunung Jati menjadi tempat tujuan wisatawan, baik yang memakai jasa Paket Wisata Cirebon maupun hanya sekedar ziarah saja.

Wisata Religi di Makam Sunan Gunung Jati

Di area makam ini, kalian akan mendapatkan Pasir Malela yang berasal dari Mekkah, pasir ini dibawa langsung oleh Pangeran Cakrabuana loh, Putera Sri Baginda Maharaja Prabu Siliwangi dari kerajaan Padjajaran, Owhh iyahh disini pada saat keluar, kalian harus membersihkan kaki terlebih dahulu, sehingga tidak ada pasir yang terbawa, karena pengambilan pasir dari Mekkah ini membutuhkan perjuangan yang tidak mudah, Baik Kuncen ataupun pengunjung wajib membersihkan kakinya dulu, instruksi ini langsung dari Pangeran Cakrabuana.
Makam ini memiliki luas sekitar 4 Hektar, menjadi Objek wisata dalam kategori Ziarah yang selalu ramai dari pengunjung, baik dari warga Cirebon sendiri maupun kota-kota tetangga, kedatangan pada pengunjung atau peziarah ini biasanya pada waktu special, seperti Jumat Kliwon Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ritual Grebeg Syawal, Grebeg Raya Agung, dan Ritual cuci jimat.
Apa sih yang istimewa dari Makam Sunan Gunung Jati? Gaya Arsitekturnya yang unik, campuran dari arsitektur Jawa, Arab dan Cina. Untuk arsitektur Jawa terlihat pada atap bangunan yang membentuk Limas, Gaya arsitektur Cina akan terlihat pada desain dindingnya, sedangkan gaya arsitektur Arab akan bisa kita lihat pada kaligrafinya, yang terukir sangat indah pada dinding bangunan makam ini. Oh iyah sekedar informasi nih, Desain interior dinding yang banyak benda-benda antiknya itu, merupakan koleksi dari Nyi Mas Ratu Rara Sumandeng yang merupakan Istri dari Sunan Gunung Jati.

Pintu Makam Sunan Gunung Jati

Keunikan yang akan temui lainnya adalah, adanya Sembilan pintu makam yang di susun bertingkat, masing-masing pintu itu mempunyai nama yang beda-beda loh. Untuk menambah informasi kalian, berikut saya sebutkan nama-nama pintunya :
1.      Pintu Krapyak
2.      Pintu Pasujudan
3.      Pintu Ratnakomala
4.      Pintu Jinem
5.      Pintu Rararoga
6.      Pintu Kaca
7.      Pintu Bacem
8.       Pintu Gapura
9.       Pintu Teratai
Namun kalian yang mengunjungi makam ini hanya bisa memasuki beberapa pintu, karena sisanya hanya boleh dimasuki oleh para keturunan Sunan Gunung Jati.
Di dalam kompleks makam ini juga kalian akan menemui dua buah ruangan yang dinamakan Balaimangun Majapahit dan Balaimangu Padjadjaran, masing masing dari ruangan itu merupakan hadiah dari Dua Kerajaan itu, yang Balaimangu Majapahit dihadiahkan kepada Sunan Gunung Jati saat ia menikahi Nyi Mas Tepasari, yang merupakan putri dari salah satu pembesar Majapahit, sedangkan Balaimangu Padjajaran merupakan hadiah dari Prabu Siliwangi saat  Sunan Gunung Jati di nobatkan sebagai Sultan dari Kesultanan Pakung Wati, yang merupakan cikal bakal dari Kesultanan Cirebon.
Oke sekian dulu artikel dari saya tentang Wisata Religi di Cirebon yah, ohh iya untuk memasuki objek wisata ini, kalian tidak dikenakan biaya namun kalian masih bisa menyumbangkan uang kalian di kotak sumbangan yang tersedia di setiap pintu masuk.

0 komentar:

Posting Komentar