Pesona Gunung Ciremai

09.21 by
Gunung Ciremai

Tahun baru sebentar lagi nih, biasanya para pecinta alam bakalan naik gunung bareng-bareng buat merayakan tahun baru, nah sebelum kamu yang ngakunya anak gunung nih, kayaknya harus ikutin tips dibawah ini deh, selain bisa membantu kamu tips dibawah ini juga akan berguna untuk menambah wawasan kamu loh, simak baik – baik yah.
Yang pertama harus kamu lakukan adalah membuat sebuah perencanaan untuk pendakian, seperti pemiliha rute pendakian, kondisi cuaca dan juga penting untuk mengatur jumlah pendaki yang akan ikut, agar tidak merepotkan nantinya, kamu juga harus membuat perencanaan untuk perbekalan yang akan dibawa yah! Dan jangan lupa juga untuk meminta ijin ke pihak terkait, jangan naik gunung dengan cara illegal, agar jika tersesat akan ada yang mencari kalian.
Yang kedua adalah, Mempersiapkan Fisik dan Mental
Nah, penting banget nih buat kalian menyiapkannya, karena naik gunung itu nggak semudah menaiki tangga, butuh kekuatan dan mental yang kuat, jangan sampai kalian merepotkan teman yang lain dengan pingsan disana, bisa-bisa kalian ditinggal disana sendirian loh, ini sering terjadi loh pada orang-orang yang merepotkan, biasanya mereka akan ditinggal oleh kelompok.
Yang ketiga, kamu harus tahu dulu nih medan dan rute yang bakalan dilewati., kalian sebagai leader atau pemimpin kelompok pendakian harus bisa dan mampu mempelajari rute dan medan yang nanti bakalan kalian lewati
Yang keempat adalah dengan mempersiapkan perlengkapan.
Perlengkapan disini meliputi peralatan mendaki yah, dari sepatu gunung, ransel gunung, tenda kemah, peralatan masak, senter, alat pembakaran,, dan yang terpenting adalah harus ada alat komunikasi dan obat-obatan, masalah bahan makanan kalian sudah mengerti sendiri kan dan tentu saja baju hangat.
Mengatur jenis makanan yang akan dibawa
Menaiki gunung tidak bisa satu hari langsung bisa turun loh, ada gunung yang selama tiga hari, kita hanya sampai di tengahnya saja dan membutuhkan waktu satu minggu untuk sampai kepuncak, dan mengatur bahan makanan ini perlu kamu lakukan, seperti mambawa makanan yang cepat matang, atau bisa langsung dikonsumsi tidak merepotkan dan yang penting cukup mengandung kalori untuk memberikan kamu kekuatan dalam mendaki.
Setelah kalian memenuhi tips dan persyaratan diatas, yang harus kalian ingat selanjutnya adalah. JANGAN MERUSAK ALAM DAN MENJAGANYA DENGAN BAIK-BAIK
Oke setelah kalian mengerti dan memahami tips dan saran diatas, bagaimana kalau saya merekomendasikan gunung untuk kalian coba pada tahun baru nanti, Saya  merekomendasikan Gunung Ciremai, kenapa? Berikut ini adalah ke istimewaan dari Gunung Ciremai.
Dengan Ketinggian 3078 mdpl dan luas 15.000 Ha Ciremai menjadi Gunung Berapi tertinggi di Jawa Barat, kalian akan mendapatkan keunikan dan keindahan dari puncak gunung ciremai ini, yang mungkin tidak akan kalian di puncak gunung lain, inilah yang menjadikan ciremai salah satu favorit pendakian para pecinta alam di Indonesia.
Gunung Ciremai masuk kedalam tiga wilayah kabupaten secara Adminitratif yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Cirema memiliki dua buah kawah, yang pertama adalah kawah dibagian barat yang beradius 400 M dan terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 M, pada ketinggian sekitar 2.900 MDPL dilereng selatan kalian akan menemukan bekas titik letusan yang dinamakan Goa Walet.

Jalur Pendakian Gunung Ciremai

Jalur Pendakian Gunung Ciremai
Ada tiga jalur pendakian yang kamu bisa gunakan, yaitu dari Linggarjajti, Palutungan dan Jalur Apuy, Rute pendakian melalui Linggarjati yang berada di Kabupaten Kuningan dapat kamu tempuh dengan melakukan perjalanan ke Kuningan, kamu bisa menggunakan bus jurusan Cirebon - Kuninngan dari Terminal Harjamukti Cirebon, dan berhenti di Cilimus, selanjutnya kamu bisa melanjutkannya dengan ojeg atau jasa angkutan lain dan menuju Linggarjati yang berjarak sekitar 24 meter dari Cilimus. Setelah sampai di pertigaan Linggarjati, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju musem sejarah perjanjian linggar jati nah sekitar 500 meter dari museum, kamu akan menenemukan pos penjagaan untuk kamu mengurus Adminitrasi pendakian
Setelah melakukan Adminitrasi saat sekarang kamu melakukan pedakian.
Dari Leuweng Datar, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju kuburan kuda sekitar 1580 mdpl, kamu akan melalui bebberapa pos yakni Sigedang dan Kondang Amis pada ketinggian 1380 mdpl, kurang lebih perjalanan akan memakan waktu 2 jam. Di Kuburan Kuda ini kita akan menemukan dataran yang luas dan teduh, disini kamu bisa mendirikan tenda, dan kalian harus menjaga perbuatan kalian baik-baik yah, Karena tempat ini dianggap keramat oleh penduduk sekitar, tentu dimanapun kalian berada harus tetap menjaga perbuatan yah, jangan hanya karena keramat saja., setelah melewati Kuburan Kuda perjalanan kamu akan semakin curam dengan melewati beberapa titik seperti Pengalap sekitar 1790 mdpl dan tanjakan sereunin pada ketinggian sekitara 1825 mdpl, di tanjakan sereuni ini kalian akan merasakan titik terberat dalam pendakian, kalian harus setengah memanjat nih disini dengan mendandalkan akar pohon untuk sampai pada pos selanjutnya yaitu Bapatere sekitar 2200 mdpl.
Kemudian selanjutnya, Dari tanjkan Bapater kamu masih akan menikmati pendaikian yang menanjak untuk sampai ke titi temu selanjutnya yaitu Batu Lingga di ketinggian sekitar 2400 mdpl dengan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam, disini, di Batu Lingga kalian akan menemukan dataran yang luas dan Batu yang berukuran besar yang pada zaman dahulu menjadi lokasi Wali Songgo untuk Berkhotbah dan sholat, selanjutnya kamu akan melewati dua pos yakini Sangga Buana Bawah  Sekitar 2454 mdpl dan Sangnga Buana Atas sekitar 2665 mdpl.
Pada pos terakhir adalah Pengasinan, sebelum sampai puncak dengan ketinggian 2860 mdpl, di pos ini kamu bisa mendirikan denda, dengan kondisi dataran yang berbukit, untuk selanjutnya kamu membutuhkan waktu satu jam dari Pengasinan untuk sampai ke Puncak Ciremai, ada dua puncak tertinggi di Ciremai yaitu Puncak Sunan Mataram sekitar 3058 mdpl dan Puncak Sunan Cirebon sekitar 30778 mdpl.
Selama mendaki Gunung Ciremai kamu akan disuguhkan pemandangan yang begitu luar biasa, dan udara yang tidak akan kamu dapatkan dikota-kota besar. Oke selamat mendaki yah!

Puncak Gunung Ciremai

0 komentar:

Posting Komentar